Selasa, 02 November 2010

Jangan Remehkan Flu!!!


Flu bisa menyerang dimana saja dan kapan saja, tidak memandang Usia, Pangkat, Golongan, Jabatan, juga Grade. Maka kita semua perlu berhati-hati dan mawas diri sejak dini terhadap penyakit Flu atau Influenza. Kenali Gejala dan Penyebabnya, lalu temukan solusinya. Berikut kita mengenal Influenza lebih dalam lagi :


Pengertian

Influenza adalah virus yang menyerang sistem pernafasan seperti hidung, tenggorokan, cabang tenggorokan dan paru-paru. Jika sistem imun atau kekebalan tubuh kita lemah maka tubuh kira sangar rentan terkena flu. Bahkan bisa berakibat menjadi fatal. Apalagi jika anda memiliki penyakit kronis yang menyebabkan kekebalan tubuh menjadi lemah maka sebaiknya  mendapatkan suntikan/vaksin flu tahunan.


Gejala



Bedakan Antara Pilek Biasa dan Flu. Secara sekilas Flu seperti pilek dengan ciri-ciri hidung berair, bersin dan pembengkakan tenggorokan. Tapi Pilek biasa berkembang secara lambat dan Flu menjangkit secara tiba-tiba. Memang Flu juga dapat menyebabkan Pilek, tapi tidak semua Pilek adalah Flu.
Beberapa Tanda dan Gejala Flu :
  • Suhu tubuh >38o Celsius (dewasa) , 39.5o -- 40.5o Celsius (anak-anak)
  • Panas dingin dan berkeringat.
  • Batuk kering.
  • Nyeri otot, khususnya pada punggung, lengan dan kaki
  • Kelelahan dan lemah
  • Hidung tersumbat
  • Hilang nafsu makan
  • Diare dan muntah pada anak
Tipe Virus

Penyebaran Flu melalui media udara bisa secara langsung atau tidak langsung. Secara langsung misalnya Anda tertular melalui batuk, bersin atau bicara dengan penderita Flu. Secara tidak langsung misalnya virus tersebut menempel pasa sesuatu seperti keyboard, tangan, kasur dan Anda menghirupvirus tersebut melalui perantara benda-benda tersebut.

Ada tiga tipe virus Influenza :
  1. Tipe A , tipe yang mematikan, menyerang setiap 10 – 40 tahun,wilayah penyebaran di sebagian bumi, bersifat bisa bermutasi menjadi virus baru sehingga menyebabkan epidemi, biasanya menjangkit setiap musim dingin.
  2. Tipe B, wilayah penyebaran dengan skala yang lebih kecil, bisa bermutasi, biasanya menjangkit setiap musim dingin.
  3. Tipe C, virusnya bersifat relatif stabil dan tidak bermutasi. Jadi jika sudah terkena virus tipe C maka jika virus ini menyerang maka kita tidak akan terkena flu lagi, tetapi virus Tipe C sangat banyak jenisnya. 
    Jika virus tersebut dapat bermutasi maka kita akan terkena flu lagi karena jenis virusnya sudah tidak dikenali antibody tubuh kita
Faktor Resiko

Resiko kita terkena flu dapat meningkat dan komplikasi (Virus tipe A, B dan C mneyerang bersamaan) jika kita :
  1. Bayi atau anak-anak, terutama anak-anak yang menggunakan Aspirin dalam jangka waktu yang lama
  2. usia diatas 50 tahun
  3. mengidap penyakit kronis ssperti diabetes, jantung, ginjal dan paru-paru
  4. Sistem imun yang lemah seperti HIV/AIDS
  5. Hamil ketika Musim Flu
  6. Penduduk di wilayah care centre
  7. Bekerja di Care Centre
  8. Memiliki kontak secara dekan dengan bayi dan anak-anak secara reguler.
  9. Berhubungan dekat dengan mereka yang menderita Flu atau memiliko resiko yang besar terkena Flu.


Untuk Pencegahan nya bisa anda baca disini
Jadi, jangan pernah meremehkan Flu, sebelum kita diremehkan oleh Flu.
Wassalam dan tetap mencoret!
Referensi :
http://www.kesmas.com/flu-influenza-definisi-gejala-penyebab-pengobatan-pencegahan-27.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa