Jumat, 26 November 2010

Tips Mengatasi Rambut Rontok


Rambut anda rontok??? memang menyebalkan memiliki rambut yang mudah rontok, selain rasa malu karena banyak nya ramubut yang berserakan dikamar atau pada sisir dan baju, rambut rontok juga bisa mengakibatkan kebotakan, jika rambut yang rontok itu 100 helai per hari, maka anda tidak perlu bersusah payah mencukur rambut agar botak, karena dengan sendirinya rambut anda akan botak =)).

Setelah ane baca-baca ane menemukan beberapa penyebab dan cara mengatasi rambut rontok. langsung cekibrot aja :

1. Lemak

Ini yang paling sering umum terjadi, adanya endapan lemak dibawah permukaan kulit sehingga menghambat pertumbuhan pada rambut.Cara mengobatinya adalah Campurkan asam jawa yang sudah tua dengan air. lalu diaduk hingga terbentuklah Air asam jawa. Gunakan air ini untuk mengurut kepala anda dan bilas hingga bersih.

2. Hormon

Hormon juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Biasa terjadi pada pria, pada hormon androgen atau alopecia androgenic. walaupun umumnya pria yang sering mengalaminya tetapi pada wanita penyebab hormon ini bisa juga terjadi, biasanya terjadi sewaktu pada masa monopause. Cara mengatasi nya adalah dengan bertanya pada dokter ahli  karena hal ini disebabkan oleh hormon yang berkembang dengan sendirinya dan mungkin bersifat permanen. Jika bersifat permanen maka terimalah apa adanya, perjuangan tidak berarti usai hanya karena rambut yang tak ramai :D.

3. Penyebab Lokal

Beberapa kerontokan rambut bisa juga bersifat temporer atau sementara misalnya karena kehamilan, setelah demam tinggi atau setelah operasi. Karena sifatnya cuma sementara maka anda hanya perlu kesabaran untuk mengatasi hal ini, bila perlu gunakanlah obat-obat penumbuh rambut untuk mempercepat proses tumbuhnya rambut kembali, untuk penanganan yang tepat obat-obat penumbuh rambut ini tetap konsultasikan dengan ahlinya, jangan sampai gara-gara penanganan yang salah hal itu berdampak menjadi penyakit, seperti tersebut pada poin 4.

4. Penyakit Kronis


Penyakit Kronis biasanya disebabkan oleh jamur dan bakteri yang tumbuh pada kulit kepala, penggunaan obat yang salah, hingga pada penanganan rambut yang bermasalah. Beberapa penyakit menyebabkan rambut menjadi putih atau uban dalam jumlah yang banyak dan diatas  normal. Beberapa penyakit juga menyebabkan  kerontokan pada rambut.

Jadi itu gan, rawatlah rambut anda sebaik mungkin tidak perlu mahal yang penting penangannya adalah tepat, karena rambut adalah mahkita, jadi segera jaga baik baik mahkota kita ini. :)

Wassalam dan tetap mencoret!
Referensi :


3 komentar:

  1. nur wae :
    ga disangka lemak berpengaruh terhadap rambut rontok,,,,

    BalasHapus
  2. rambut ane sering rontok nih...
    patut dicoba tuh resep anti rambut rontoknya..
    daripada beli sampo mahal"..

    BalasHapus
  3. @nur, iya nur, hati-hati dirimu jika punya banyak lemak :D

    @surya Seep gan, memang dimana mana yang enak murah dan hemat

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa