Kamis, 04 November 2010

Wortel Mencegah Stroke


Siapa yang tidak kenal tumbuhan yang satu ini? Tumbuhan ini dikenal mengandung vitamin A, itulah konon khabarnya mengapa kelinci tidak pernah memakai kacamata. hehehe. Wortel selain murah juga mudah didapat dan memiliki manfaat yang banyak. Kali ini ane akan bahas manfaat wortel selain baik sekali untuk Indera penglihatan, juga sangat baik juga untuk mencegah Stroke. Bukankah Mencegah lebih baik daripada mengobati. so, Cegahlah stroke sebelum terlambat.


Makanan Favorit kelinci ini memang benar adanya mengandung vitamin A, selain baik untuk mata  manfaat lainnya adalah Mencegah stroke. Fungsi vitamin A antara lain untuk meminimalisir kerusakan neurologis (saraf) dan mempunyai persentase yang besar untuk sembuh.Penjelasannya adalah sewaktu stroke, otak mengalami kekurangan oksigen sehingga sel-selnya mengalami gangguan fungsi yang menyebabkan rentetan kejadian yang akhirnya menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel-sel saraf, dan vitamin A yang terkandung pada wortel dapat meredam kondisi tersebut.

Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi wortel minimal lima kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko terkena stroke. Ini dikarenakan  aktivitas beta karoten yang mencegah terjadinya plak atau timbunan kolesterol dalam pembuluh darah. Beta Karoten lebih dikenal sebagai provitamin A yang pada dinding usus halus. 

Alasan lainnya ialah Wortel mengandung serat yang bisa mengurangi lemak dalam darah, wortel juga bisa bersifat anti oksidan. Penyebab stroke antara lain adalah  lemak yang teroksidasi di pembuluh darah, dan untuk mencegahnya yaitu mengkonsumsi wortel yang mengandung anti oksidan dan seratnya tinggi.

Jadi dari uraian diatas, bahwa vitamin A yang terkandung dalam wortel tidak hanya baik untuk mata tetapi juga dapat mencegah storke karena :
  • meminimalisir kerusakan saraf, 
  • menghasilkan aktivitas Beta karoten, 
  • memiliki serat dan 
  • bersifat anti oksidan. 
Jadi Mulailah kebiasaan mengkonsumsi wortel sekarang!


Wassalam dan tetap mencoret!

Referensi :
http://www.dechacare.com/Tips-Wortel-Cegah-Stroke-I998.html



8 komentar:

  1. @segitu aja gus, sebaiknya dirimu membaca ini gus
    http://coretansejati.blogspot.com/2010/10/membaca-efektif-itu-apaan-sih-membaca.html

    BalasHapus
  2. Nice share,
    salam kenal, masih newbie nih, monggo mampir ke rumah saya
    http://bagongoncom.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. oke kang bagong, lam kenal juga...sering sering berkunjung ya

    BalasHapus
  4. Wah ternyata wortel banyak manfaat...
    Thanks atas infonya...
    Salam kenal...
    http://bilbulsama.blogspot.com/

    Ane dah follow... Dan disini juga Ane ngemis pada sobat buat bagi cendol di Id kaskus saya...

    BalasHapus
  5. brarti org yg dh kna stoke bsa sembuh, jka makan wortel????

    BalasHapus
  6. @????, klo menurut artikel diatas fungsi wortel adalah fungsi preventif dalan artian mencegah sebelum terjadi penyakit stroke, namun jika sudah terkena ane juga gak tau, mungkin perlu percobaan lebih lanjut gan. Trims

    BalasHapus
  7. @bilbul, sorry lama respon, gak tau kemarin-kemarin, cendol dah dikirim ya gan....selamat menikmati

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa