Jumat, 12 November 2010

Google Go Public


Pada artikel sebelumnya telah kita ketahui semula Google akan dijual, tetapi mengalami banyak penolakan-penolakan, akhirnya Larry dan Sergey pun mendirikan perusahaan sendiri bernama Google.inc. Pada tahun 2004, Google Inc melakukan penjualan saham ke Publik atau IPO(Initial Public Offering/IPO) setelah bermarkas di GooglePlex. Dalam jangka waktu 6 tahun kurang lebih 10 layanan telah diluncurkan Google seperti Adwords dan AdSense, Google News, Google toolbar, dan lain-lain.


Google juga meng-akuisisi (mengambil alih) 11 perusahaan dan produk. Yang pertama kali yaitu layanan diskusi use.net yang menyimpan 500 juta arsip diskusi sejak 1995, kemudian diberi nama Google group setelah ditambah fitur pencarian dan penjelajahan. Pada tahun 2003, Google meng-akuisisi pyralab, perusahaan pembuat software blog, yang kemudian berkembang menjadi blogger.

Sebelum terjadi penjualan saham, Kedudukan Larry Page adalah Presiden Produk dan Sergey sebagai Presidek teknologi. Pada Oktober 2003, Microsoft menawarkan kemungkinan kemitraan atau merger, tetapi pendekatan ini hasilnya nihil. Pada Januari 2004, Google membentuk pengatur pelaksanaan IPO dengan penunjukan Morgan Stanley dan Goldman Sach Group

Pendaftaran penawaran pertama Saham oleh google diajukan pada tanggal 29 April 2004 ke Bursa Wall Street, saat itu Google mencantumkan angka $2.718.281.828 dalam Formulir S-1 ke Security & Exchange Commission (SEC). Kenapa Google memilih angka 2.718.281.828 tidak menggenapkan saja misalnya 2 milyar dolar? Jawabannya karena nama “Google” diambil dari permainan angka 10 pangkat 100, begitu juga dengan angka ini e = 2.718281828… dan akan banyak permainan angka matematis dibacaan berikutnya.:)

Berita Google Go Public menjadi pemberitaan media, banyak yang pesimis karena mereka tidak mengerti cara Google menghasilkan uang. Mereka tidak sadar akan iklan-iklan yang dipajang yang disisipkan pada hasil pencarian adalah begitu menguntungkan. Apalagi ketika Larry dan Sergey melakukan sesuatu yang dianggap mereka nyeleneh, yaitu disaan para petinggi perusahaan dilarang untuk membuat penyataan public demi kebijakan sekuritas mereka menyanggupi wawancara dengan majalah Playboy.

Dan Google pun ternyata membuktikan bahwa langkah mereka memang tepat. Harga saham mereka melonjak naik dari $85 ke $ 100,34 per saham saat penutupan. Google menawarkan sebanyak 19.605.052 dengan rincian 14.142.135(lagi-lagi permainan angka matematis akar dari 2 adalah 1.4142135…) saham ditawarkan dan 5.462.917 sisanya adalah milik para pemegang saham. Penjualan saham ini menghasilkan $1.67 miliar dan $1.2 miliar adalah punya Google. Jumlah keseluruhan nilai modal mereka saat itu adalah $ 23 miliar, masih ingat modal awal mereka yang hanya $1.1 juta.

Begitulah betapa perjuangan keras Google berbuah manis, mereka berani tampil beda, tidak hanya mengekor dari belakang. Mereka berani memimpin dan akhirnya lihatlah sekarang mereka berada dipuncaknya. Semoga ini bisa menjadi pelajaran buat kita semua. Sampai juga di Artikel tentang Google selanjut nya :)

Wassalam dan tetap mencoret!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa