Minggu, 07 November 2010

Sejarah Google

Mengapa Google bisa sehebat sekarang ya? Pernahkah pertanyaan itu terlintas di benak saudara-sadara sekalian, klo gak maka saya pernah. Lalu saya mulai mencari referensi perkembangan google dari masa ke masa.  Dan karena saya juga baik hati dan tidak sombong maka  hasil penelusuran  saya itu saya posting untuk pembaca blog ku yang setia. Bukankah ilmu kalau dibagi akan semakin bertambah :)

Pada Bab I pertama diceritakan Sejarah Google yang akan kita bagi menjadi 4 Artikel :
1.       Selintas Sejarah Google
2.       Larry  + Sergey = Google
3.       Pagerank dan Pencarian Google
4.       Google Inc
Oke langsung saja kita masuki tentang sejarah Google :


Selintas Sejarah Google
Di Tahun 1996, Mesin cari tidak lah sedahsyat sekarang. Internet hanya banyak digunakan untuk email, ramalan cuaca, berita dan yang sejenis dengan itu lainnya. Waktu itu mereka belum berfikir untuk membuat mesin cari yang benar-benar relevan seperti sekarang ini. Sebuah pemikiran penting, sebuah mesin cari yang cermat dan relevan adalah sebuah terobosan penting yang menjadikan Google sebagai mesin cari raksasa seperti sekarang ini.

Waktu itu bukan tidak ada mesin cari, ada tetapi selain waktunya lama, hasilnya pun tidak relevan dan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Lalu dua anak muda yang bernama Larry Page dan Sergey Brin merasa tidak puas dengan mesin cari pada saat itu dan mulai bekerjasama untuk membuat sebuah mesin cari yang sistematis, sederhana, dan dalam jangka waktu yang cepat. Dengan kata lain mereka ingin memudahkan pengelolaan dan penyajian data yang begitu banyak di Internet.

Untuk membuat mesin cari yang sistematis maka dibuatlah pagerank untuk mengurutkan pencarian dimulai dari yang terbaik . Adalah Larry Page yang mengemukakan gagasan tentang pemberian rangking pencarian pada masing-masing situs. Namun sekarang sudah banyak yang menggunakan metode ini berkat ide dari Larry page. Nama belakangnya diabadikan sebagai istilah pengurutan ini dengan nama “PAGErank”.

Dimana daya tarik Google sehingga peminatnya semakin bertambah dari hari ke hari ? Di Buku ini dijelaskan ada beberapa alasannya yaitu :
-          Jangka waktu pencarian kurang dari setengah detik (ini adalah tuntutan dari pihak Google sendiri
-          Tampilan yang sederhana
-          Hasil pencarian sistematis berdasarkan page rank, halaman yang paling sesuai diatas dan halaman dengan web yang sama dibawahnya dan seterusnya berurutan sampai kebawah

Itulah dulu sekilas tentang Google, kita akan lanjutkan di artikel selanjutnya untuk mendalami mudah2an kita bisa mengambil pelajaran dari sejarah Google bahwa untuk menjadi Sukses tidak lah semudah membalikkan telapak tangan tetapi dibutuhkan kerja keras, kemauan yang kuat, kesungguhan dan tentu saja pengorbanan. No Pain No gain! See you!

Wassalam dan tetap mencoret

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa