Minggu, 21 November 2010

Innovation Time Off


Google juga punya suatau program penting yang sangat meningkatkan kreativitas para pegawainya, Program itu adalah Innovation Time Off. Apa itu Innovation Time Off ? itu adalah keluangan waktu yang diberikan oleh Google untuk para karyawannya dalam mengembangkan kreativitas yang mereka sukai sebesar 20% jam kerjanya, mereka tidak usah mengerjakan pekerjaan rutin mereka, mereka boleh mengerjakan apa saja kreativitas yang bermanfaat untuk Google yang mereka sukai.


Ide-ide kreativitas pun bermunculan dan menjadi layanan-layanan baru dalam Google. Layanan itu seperti Gmail, Google News, Orkut, dan Adsense adalah berawal dari program ini. Wakil presiden Google, Marissa Mayer mengungkapkan bahwa setengah dari layanan Google saat ini  adalah hasil dari program ini.

Anda pernah melihat Logo Google yang sering berubah-rubah jika ada event-event tertentu seperti Halloween, Hari bumi, hari untuk mengenang seseorang dll.  Itu adalah hasil dari Innovation time Off. Adalah Dennis Hwang yang tugas utamanya adalah seorang webmaster professional yang merancang gambar-gambar tersebut, tapi dia menggarap proyek Logo Google ini di jam Innovation Time Off. Logo Khusus Google ini sudah dimulai sejak tahun 1999, tersimpan rapi di www.google.com/holidaylogo.html.

Penemuan lain yang berguna misalanya buatan dari Chritophe Bisciglia. Ia memanfaatkan waktu Time Off nya untuk mengembangkan proyek Google 101 , Proyek ini memiliki konsep komputasi awan di Google berguna dalam jaringan yang terdiri dari ratusan ribu server murah yang menyimpan data danlam jumlah besar, yang membantu mempercepat pencarian dan perhitungan dalam waktu sepersekian detik.

Masih banyak program-program penting yang menghasilkan sesuatu yang baru di Google. Kreativitas tiap orang berbeda-beda, Google mengetahui ini dan memanfaatkan ini untuk perusahaan dan untuk mereka sendiri. Mereka, sang pendiri Google mungkin belajar dari pengalaman mereka yang berfikir bahwa karyawannya pun berhak mewujudkan impian mereka walaupun sudah berada dibawah naungan Google.

Innovasi ini kayaknya bagus, apakah ada perusahaan diindonesia yang telah mempraktekkannya ya???

Wassalam dan tetap mencoret!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa