Selasa, 16 November 2010

Cara Menggosok Gigi yang Benar


Kegiatan ini memang kudu harus dijalankan, karena jika sehari saja orang tidak gosok gigi maka akan terasa berbeda jika dia menggosok giginya, lain bagi yang udah terbiasa tidak gosok gigi :D. Gigi memang termasuk organ vital manusia, tanpa gigi manusia akan kesulitan dalam mencerna makanan. Apalagi klo gigi sakit, makan tak enak, tidur tak nyenyak :D. Jika ada gigi yang tanggal sewaktu dewasa maka biasanya orang-orang dengan segera mengganti giginya dengan gigi palsu, habis gak enak juga klo gak ada gigi dibagian tertentu :D.

Untuk perawatan gigi salah satunya adalah dengan menggosok gigi secara tepat, bukan hanya saat menyikatnya tapi mulai dari awal sampai akhir proses menggosok gigi tersebut. Kali ini ane akan berbagi tentang cara menggosok gigi yang benar. Cekidot aja gan langkah-langkahnya :

1. Gunakan Sikat Gigi yang tepat


Perhatikan ukuran Sikat gigi, apakah itu untuk anak-anak, remaja atau orang dewasa. Perhatikan juga ukuran mulut anda, jika anda terlalu lebar membuka rahang untuk sikat gigi, maka ini tandanya sikat gigi anda terlalu besar, anda harus menukar sikat gigi anda, atau anak anda memakai gigi dewasa, maka waspadalah karena ini bisa merusak gigi dan juga melukai gusi

2. Pilih Bulu sikat yang benar

Yang perlu diperhatikan dalam memilih bulu sikat adalah pilih yang lembut sehingga gigi nyaman untuk disikat, atau bisa juga pilih yang agak kaku sehingga bisa dengan mudah mengangkat plak. Hindari memilih  sikat gigi yang  kasar dan terlalu kaku sehingga gigi dan gusi bisa mengalami cedera.

3. Sering atau Lama

Ehm..ehm...Menurut ahli kesehatan gigi di webmd, sikat gigi yang terbaik adalah tiga kali sehari. jangka waktu sikat gigi yang terlalu lama dapat menimbulkan penumpukan flak bakteri, radang gusi dan kelainan lain pada mulut. Menyikat gigi yang baik jangka waktunya adalah sekitar 2-3 menit agar  penyikatan gigi dapat merata di seluruh bagian gigi.

4. Jangan terlalu sering atau terlalu keras

Menyikat gigi yang terlalu sering seperti empat kali sehari tidak baik untuk gigi karena bisa menyebabkan gigi iritasi dan menyakiti gusi. Juga jangan menyikat gigi terlalu keras karena bisa merusak enamel (lapisan teratas gig)i. Gosoklah gigi secara perlahan lahan 2-3 menit itulah cara yang benar

5.Cara menyikat gigi

Cara menyikat gigi yang benar adalah dengan membentuk sudut 45 derajat dan buatlah gerakan pendek-pendek sewaktu menyikat. gerakan yang memanjang sepanjang garis gusi bisa menyebabkan abrasi pada gusi. Arah gerakan sikat gigi adalah kebawah dan keatas, jangan kearah samping kanan  dan kiri, lakukan gerakan vertikal bukan horizontal. Lakukan pada bagian permukaan gigi bagian depan, belakang, atas dan bawah serta pada lidah.

6. Mulailah dari tempat yang berbeda

Saat menyikat gigi kita cenderung memulai dengan kebiasaan, misalnya dari sebelah kanan dulu, cobalah untuk memulai dari tempat yang berbeda agar penyikatan lebih rata karena biasanya jika kita menyikat gigi semangat pada awalnya dan kendur pada akhirnya.

7. Jangan abaikan bagian dalam gigi

Bagian dalam gigi sering terlupakan untuk disikat, bagian ini adalah bagian yang paling dekat dengan lidah. yang paling sering terlupakan ialah bagian dalam gigi pada bagian depan.padahal hal ini dapat membuat plak bakteri semakin menumpuk dibagian dalam. Jadi ingatlah untuk tidak mengabaikan bagian dalam gigi

8. Pastikan kebersihan sikat gigi

Setelah menyikat gigi, jangan lupa untuk memastikan bahwa sikat gigi itu benar-benar bersih dengan cara bersih sewaktu mencuci dan membilasnya. Karena jika tidak bersih maka akan menjadi tempat favorit bakteri berkumpul :D.

9. Keadaan sikat gigi kering

Usahakan Sikat gigi anda kering dan tertutup karena jika lembab dan basah selain tempat berkumpulnya bakteri juga bisa merusak bulu sikat. maka usahakan beli sikat gigi yang ada helm(tutup) nya, hal ini sangat berguna untuk menjaga kesterilan sikat gigi.

10.Ganti Sikat gigi secara berkala

Rekomendasi dari para ahli adalah mengganti sikat gigi dalam jangka wakt 3-4 bulan jika sikat gigi dalam keadaan normal atau tidak ada kerusakan yang signifikan. Jika bulu sikat sudah tidak bagus lagi atau ukuran tidak sesuai maka segera ganti sikat gigi anda.

Sekian itu dulu gan, dah malem, udah laper..mana baca kaskus tadi, obama senang makan bakso jadi pengen hunting bakso. :D. Selamat mencoba dan Selamat datang Bakso :$

Wassalam dan tetap mencoret!
Referensi :

4 komentar:

  1. kalo pake obat kumur doank tanpa sikat gigi misalnya?itu ampuh ga gan??.
    mokyloque

    BalasHapus
  2. @mokyloque
    kurang ampuh gan, karena itu cuma membunuh bakteri sedangkan flak pada gigi tidak terangkat :)

    BalasHapus
  3. @mokyloque
    kan ada iklannya tuh,,,
    awali dengan menyikat gigi,tuntaskan dengan List***n (lah,,,malah iklan)

    by : Nur Wae

    BalasHapus
  4. @noer namanya juga iklan, iklan berpromosi, hehehhe klo bunyi iklah nya gini " klo sudah sikat gigi jangan pake listerine" kan aneh nur :D

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa