Rabu, 03 November 2010

Jangan Abaikan Tanda-tanda dari Tubuh


Bagaimana kita mengenali sesuatu? ya, dari tanda-tanda nya. Tanda-tanda banyak sekali sinonimnya dari berbagai bahasa seperti Ciri-ciri, , sinyal, sign(inggris), ayat-ayat (arab) , klo wangsit (dibidang perdukunan) masuk gak ya?. Jika kita mau berjumpa dengan seseorang maka kita akan menyuruh nya menyebutkan tanda-tandanya, perawakannya gimana, bentuk muka, warna kulit, bentuk hidung dsb. Begitu juga dengan tubuh dia memiliki tanda-tanda atau sinyal yang diberikan ke otak yang sering kali kita abaikan karena menganggap itu adalah hal biasa. Padahal beberapa sinyal  perlu ditindak lanjuti dengan segera.

Berikut beberapa sinyal dari tubuh yang sering kita abaikan menurut Dr. Karen Wolfe, penulis buku "Create The Body Your Soul Desires”, :


Kedutan Pada Kelopak Mata 

Sinyal ini menandakan bahwa tubuh kita kurang beristirahat karena Para ahli kesehatan mengatakan 99% kekejangan pada mata disebabkan tubuh didera stress dan lelah yang sangat. Cara penanganannya adalah dengan mengistirahatkan mata dan tubuh serta mengompres mata dengan air hangat

Sering Menguap 

Kalau kita mengantuk biasanya menguap, tapi tidak semua menguap adalah mengantuk. Sinyal menguap menandakan tubuh kita kurang bergerak, misalnya terlalu lama di depan komputer tapi jarang sekali berolahraga. JIka terlalu banyak menguap, hal itu menandakan oksigan didalam otak sedang menurun kuantitasnya. Tentu saja hal ini membuat kewaspadaan serta konsentrasi anda menjadi menurun.

Cegukan

Ketika kita memakan sesuatu memang kita sering cegukan. tetapi bagaimana jika cegukan walau tidak makan apapun. Hati-hati, sinyal ini bisa menandakan bahwa anda mengalami stress. Hal ini karena cegukan melepaskan hormon stress ke dalam aliran darah, kemudian merangsang serat syaraf secara berlebihan sehingga terjadi kontraksi otot tak sadar yang terletak di dekat pita suara hingga menimbulkan bunyi. Cara menanganinya adalah telanlah sedikit gula pasir, sedikit saja jangan sampe 1 kg.hehehe. Butiran gula ini berfungsi untuk menstimulir ujung saraf dibalik kerongkongan sehingga menghambat impuls syaraf lainnya, sehingga anda bisa 'say good bye' dengan cegukan.

Kaki Kram 

Sinyal tubuh berupa kram ini karena kita mengalami dehidras, kekurangan kalsium dan magnesium. cara penanganannya adalah dengan meminum air putih lebih banyak atau minimal standard yang dianjurkan dokter 2 liter perhari. Susu kalsium juga berguna untuk menangani hal ini.

Wah kalau dulu ane sering, apalagi cuaca dingin, malam hari terbangun karena tiba-tiba kaki naik betis atau kram, setelah baca-baca ternyata dehidrasi atau kurang minum. Setelah itu ane coba minum satu gelas seblum tidur, Alhamdulillah, udah gak kram lagi. memang ane akui ane memang kurang minum. Untuk pertolongan pertama pada kram ini cobalah untuk berbaring kemudian mengangkat kedua kaki tangan anda ke atas, kemudian mintalah teman anda untuk menekan kedua telapak kaki dari atas, jika tidak ada orang lain maka sewaktu kaki anda keatas maka dorongkanlah ke sesuatu yang terdekat, misalnya terali besi, palang tiang , intinya adalah kaki kita harus ditekan dari atas. Cara ini udah dua kali ane praktekkan pertama sewaktu olahraga tiba-tiba kram dan kedua sewaktu malam-malam kram dan hasilnya MAKNYOS!!!!

So, Mulai sekarang jangan lagi abaikan sinyal tubuh, sebelum tubuh tidak lagi memberikan sinyal kepada anda!

Wassalam dan Tetap Mencoret!
Referensi :
http://www.apakabardunia.com/post/kesehatan/jangan-abaikan-sinyal-tubuh

5 komentar:

  1. wah gan
    tanya
    kram itu lain ya sama salah urat?
    soalnya kalo kram pas olah raga, pasti penanganannya disamain ama penanganan salah urat

    BalasHapus
  2. Wah,, bagus gan sharenya..
    Ane pny mslh cegukan tanpa sebab, sm sering menguap gan..

    Ane tambahin saran bwt menghentikan cegukan y gan..

    1. Tahan nafas 'n terus konsen untuk menahan nafas sekuatnya
    2. Coba menelan ludah saat bersamaan dengan cegukan itu datang, insyallah berhasil..

    Uda itu aja..
    Makasie gan..^_^

    BalasHapus
  3. @brii klo kram mungkin bisa disamakan dengan asam urat tapi tidak semua asam urat itu kram gan, mungkin itu tambahan dari ane

    @5.4.15 makasih ya gan atas tambahannya

    BalasHapus
  4. wah, klo ane kebanyakan menguap gan..
    soalnya ane kebanyakan di depan komputer, sesuai ama jurusan ane kehidupan di depan komputer terus.
    Berarti ane kurang olahraga nih..
    link ane gan: http://www.kaskus.us/search.php?do=finduser&u=1087534

    BalasHapus
  5. ane sering bgt cegukan,, klo kta tmn ane nyemmbuhinnya dgn dkagetin,, tp ane slalu gagal klo nyoba, soalnya g prnah kget bnran,, hee

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa